Kamis, 05 Juli 2012

KENYAMANAN VS MATERI (!)


selamat malam :)
malam ini saya mau sedikit sharing soal "kenyamanan" dan arti sebuah "materi" :)
jaman sekarang apakah selalu dapat dikorelasikan secara positif antara kenyamanan dan materi ?
apakah dengan semakin tinggi materi yang dicapai oleh seseorang maka akan semakin tinggi kenyamanan yang di peroleh ?
kalau saya yang ditanya seperti itu, maka dengan tegas saya mengatakan "SALAH ! tidak semua kenyamanan diperoleh dari materi, bahkan kadang justru materi lah yang membuat kita menjadi tidak nyaman"
....
Heran aja sih, kalau lihat banyak orang yang tujuannya ngejar materi tapi ngorbanin yang namanya rasa kekeluargaan, rasa kenyamanan, rasa kedekatan yang udah didapatkan dari orang lain.
Banyak sekali hal-hal yang terlihat jelas disekeliling saya,  satu persatu saling menjatuhkan hanya karena masalah "materi" ..
gak sayang ya ? cuma gara-gara materi hubungan kerja, hubungan persahabatan bahkan hubungan kekeluargaan bisa hilang gitu aja. Emang yang namanya MATERI bisa abadi ?
Bahkan hanya karena "materi" satu sama lain ngadu domba. Ya Ampun miris banget deh liatnya ..
Saya mau sedikit sharing, mungkin saya memang baru pertama kali punya pengalaman bekerja tapi sudah begitu banyak karakter orang yang saya jumpai saat ini. Dari yang suka cari muka sampai yang sok baik tapi nusuk dari belakang.
Kadang mikir sih, kita bukannya sama2 kerja itu tujuannya buat cari uang,cari relasi, cari pengalaman kenapa harus saling jatuhin sih. Toh smua nya juga bakal dapet haknya masing2 kan ? :)
Rasanya buat nunjukkin potensi ataupun kemampuan yang kita punya di dunia kerja gak perlu nyampe segitunya deh :)
MUNGKIN sebenarnya orang-orang yang sukak adu domba bahkan nusuk dari belakang itu adalah orang-orang yang justru PENAKUT DAN KURANG MAMPU untuk bersaing secara SEHAT di dunia kerja :)
cukup tau aja deh orang-orang yang kek gitu :) percaya gak percaya waktu yang bakal nunjukkin seleksi alamnya sendiri :)
...
Dulu waktu pertama kali kerja tujuannya emang cuma sekedar cari pengalaman, kalaupun dapat uang itu bisa dibilang "bonus" buat nabung sekolah lagi besok plus uang jajan tambahan. Awalnya buat penyesuaian kerja cukup berat, tapi pada akhirnya ada sedikit demi sedikit rasa nyaman yang buat saya tetap bertahan dan BETAH :) 
saya sempat berpikir bahwa disitulah dunia saya :) dunia kerja dimana saya bisa dekat dengan banyak anak-anak, lingkungan teman kerja yang solid dan pimpinan yang banyak sekali mengajarkan ilmunya kepada karyawannya.
Sangat bersyukur diberikan pengalaman kerja pertama yang begitu nyaman dan sangat dipermudah.
Dengan berjalannya waktu saya melihat banyak orang yang melakukan apapun hanya demi "materi", satu sama lain saling mengadu domba, saling menjatuhkan. Memang tidak disangkal bahwa tujuan bekerja salah satunya adalah "MATERI", tapi gak gitu juga kali ya caranya. Kita bisa mendapatkan apa yang kita mau, apa yang kita ingin capai dengan bersaing secara sehat. Disinilah kenyamanan saya mulai berkurang. Entah kenapa saya selalu berpikir bahwa Kenyamanan itu adalah hal terpenting dalam bekerja dibandingkan sebuah "MATERI". Dapet gaji "gedhe' tapi kalau gak ada rasa nyaman ya sama aja BOHONG kan :)
Kenapa sih orang2 itu gak berpikir "ayolah kita sama-sama maju, saling kasih semangat, saling memotivasi, saling bantu satu sama lain dan gak perlu deh pakek yang namanya matiin satu sama lain" :(
semoga note kali ini bisa jadi bahan instropeksi buat kita smua :)

manusia itu gak bisa hidup sendiri :) itu yg harus diingat ..


"Keberhasilan itu ada karena kerjasama bukan karena saling menjatuhkan satu sama lain :)"

2 komentar:

  1. saya setuju untuk pernyataan materi bukan penjamin kebahagian..
    saya ingin menanyakan kepada penulis
    1. apakah salah/benar jika saja saya meningggalkan pekerjaan saya yang sekarang dengan gaji yang cukup besar lalu memilih untuk mencari pekerjaan yang membuat saya nyaman dan senang untuk bekerja, walaupun dengan gaji yang lebih kecil dari yang sekarang?

    2. saya terpikir untuk keluar dari pekerjaan saya sekarang dan mencari pekerjaan baru yang lebih bisa saya senangi, tetapi terbesit pikiran saya apakah setelah saya menemukan sebuah pekerjaan baru saya kan nyaman dengan pekerjaan baru tersebut?

    bagaimana pendapat penulis mengenai hal yang saya utarakan?

    BalasHapus
  2. nah itu dia :) semua keputusan yang diambil pasti ada resikonya kan yaa ..
    sama kek akku :) ada satu keinginan untuk keluar tapi ada satu pertanyaan juga "apakah nantinya akku bisa lebih nyaman di tempat yang baru atau justru bisa jadi lebih parah .." hehee ..
    semua nya terserah di kita sih sebenernya :)
    klo emg bener" ngrasa gg nyaman kenapa gg keluar aja ? bukankah kita harus mencari yang terbaik ? klo gg di coba kita gak akan pernah tau :)
    semangat yaa ..

    BalasHapus