Jumat, 08 Juni 2012

AYOK HIDUP SEHAT !


Malam :) 
Hari ini saya mau sedikit sharing tentang pengalaman saya ikut seminar "Healthy Revolution"kemarin  tanggal 05/06/2012. Cuma satu kata yang saya mau bilang "JOSS" ..
Seminar yang di bawakan bapak Arinto Agus DR, S.Psi., MCH., MNLP tentang "Healthy Revolution" benar-benar sangat menarik dan sangat bermanfaat. Cuma bayar 100 rb tapi saya mendapatkan cara hidup sehat yang begitu mudah, nyaman dan sangat murah ! 

Ternyata banyaknya penyakit yang dialami oleh kebanyakan orang disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang selama ini mungkin kita remehkan, ternyata dapat mengakibatkan efek yang cukup "Negatif" bagi tubuh dan kesehatan kita. Misalnya saja dari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, Stress, kecapean, Kurang tidur, kurang olahraga, terlalu banyak olahraga, rokok, alkohol, kurang suplemen,dll.

Saat kita menyadari begitu banyaknya efek negatif yang mengancam kesehatan kita, yang harus kita lakukan adalah "open mind" 

"Saya tidak dapat mengubah apa yang saya tidak tahu ..
Kalau saya tidak puas dengan kondisi sekarang dan ingin LEBIH BAIK , berarti saya harus cari tahu ..
Kalau saya sudah tahu, dan tetap melakukan kebiasaan lama, dan saya mengharap hasil yang BARU maka saya sama dengan ORANG GILA :'("

Saya salah satu dari peserta seminar yang sebelum mengikuti seminar ini selalu melakukan kebiasaan yang sama tapi menuntut perubahan atau hasil yang berbeda. Berat badan saya cukup berlebih,dulu sebelum dapet ilmu dari bapak Arinto di seminar "Healthy Revolution" kebiasaan-kebiasaan saya makan yang berlemak, gak sehat, jarang olahraga, selalu tidur tengah malam sering saya lakukan , dan Bodohnya saya berharap bs mengurangi berat badan saya dengan cara yang demikian .. (semacam sia-sia ..). Berkat seminar kemarin, pemikiran saya terbuka untuk melakukan pola hidup yang jauh lebih sehat, untuk mendapatkan perubahan yang jauh lebih baik. Ini ada beberapa oleh-oleh dari seminar "Healthy Revolution" kemarin :
  1. Minimal sehari itu olahraga kurang lebih 20 menit, olahraganya pun mudah cuma jalan ditempat atau gerakan2 yang cukup mudah lainnya. Klo saya kebetulan suka renang, walaupun cuma satu gaya tapi lumayanlah bisa itung2 olahraga. Kuncinya adalah bergerak :) keluarkan keringat sebanyak mungkin walaupun hanya dengan gerakan yang sederhana. 
  2. Ganti Nasi putih dengan nasi merah. Selama ini kita lebih terbiasa mengkonsumsi beras putih. Akan tetapi, beras merah ternyata memiliki manfaat yang lebih besar daripada beras putih. Beras merah kaya akan vitamin B1, B6, dan B12. Vitamin B banyak sekali manfaatnya, yaitu untuk memperlancar metabolisme dan sirkulasi tubuh, membantu fungsi syaraf, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu sintesis RNA dan DNA, dan terutama mengubah zat karbohidrat, protein, serta lemak menjadi energi. Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi nasi putih tiga atau empat kali per hari cenderung terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang hanya makan nasi putih satu atau dua kali seminggu. 
  3. Perbanyak minum air putih. Dianjurkan untuk minum air putih kurang lebih 0,6 x sepersepuluh berat badan kita dalam sehari. 
  4. Makanan yang diolah dari tepung sebaiknya diganti dengan gandum.
  5. STOP GULA PASIR ! sebaiknya diganti dengan madu murni atau gula merah.
  6. Truss yang suka makan bubur ayam, mendingan diganti sama "oat meal" aja :), gg ada rasa sih memang tapi sehatnya itu lho :D
  7. Perbanyak BUAH ! :) Sebaiknya sebelum makan kurang lebih 20 menit sebelumnya makan buah-buahan dulu, agar nantinya bahan-bahan makanan "jahat" yang akan masuk ke dalam tubuh tidak terserap oleh tubuh dan langsung dapat dikeluarkan :)
  8. HP jauh dari badan ! WAJIB :D , apalagi klo tidur sebaiknya hape dimatiin deh. Radiasinya itu lhoo .. -____-"
Mungkin menurut kita yang sama sekali buta soal "dunia kesehatan" hal-hal sepele seperti itu diabaikan begitu saja. Tapi begitu nanti kita mengalami sakit atapun efek negatif dari pola hidup yang tidak sehat, barulah kita mengerti bagaimana pentingnya menjalani suatu pola hidup yang sehat :)
hidup sehat
 "Tunggu apalagi :) ayok share dan ajak hidup sehat orang2 yang disekelilingmu .."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar