Kamis, 07 November 2013

TERIMA KASIH KELAS 2 IBNU RUSYD :)


Hari ini pingin berbagi pengalaman super aja sih :) sebenernya udah dari kemarin pingin sharing, tapi belum sempet karena belum ada waktu. (gaya sithik*)
....
Malem ini gak tau kenapa keinget sama suasana kelas di 2 ibnu Rusyd :)
Walaupun cuma dua bulan sempet ngajar di sana tapi cukup berkesan banget, banget, banget :)
Awalnya bisa ngajar disana karena dapet info dari temen, akhirnya ikut wawancara dan alhamdulillah bisa masuk :)
Pertama kali masuk ke SD Islam Al Azhar 31 ini, awalnya minder. Mungkin minder ya karena ngrasa blum punya pengalaman dan cuma punya dasar agama yang gg seberapa. Buat masukkin lamaran ke sini aja mikirnya berkali-kali. :(
Tapi akhirnya tetep nekat dan alhamdulillah bisa diberi kesempatan yang menurutku itu sebuah kesempatan yang SUPER :)
....
Awal masuk disana, Bu sinta (Wakasek) minta aku buat gantiin salah satu guru di kelas 2 Ibnu Rusyd. Pertama kali masuk kelas itu cuma bisa bengong dan yang pasti lumayan kaget :').
Ya gimana gak kaget, sekarang dengan pengalaman yang "minimal" banget udah harus bisa ngajar di kelas sebesar itu dengan jumlah anak yang menurutku cukup banyak, 30 anak.
Tapi menurutku Tuhan itu selalu ngasih solusi atau jalan keluar dari setiap permasalahan umatNya lho. Buktinya dibalik kekhawatiran itu, ternyata Bu Yulia, partner guruku di kelas 2 ibnu Rusyd sangat membantu banyak, dari mbimbing gimana cara ngajar, ngafalin doa dan lain-lainnya.
Sejak itu, aku bener-bener mulai bisa beradaptasi dan Alhamdulillah udah mulai bisa menikmati. Ya walaupun kalau dibanding sama guru-guru senior pasti jauh banget kemampuannya.
.....
Suasana di kelas 2 Ibnu Rusyd ini hebohnya gg ketulungan deh. Anak-anaknya kelakuannya unik, banyak ngobrol, banyak gerak, super aktif, TAPI JUSTRU ITU yang bikin kangen orang-orang yang pernah kenal sama mereka :)
Ada banyak karakter, banyak warna di kelas 2 Ibnu Rusyd yang cukup berkesan nyampe sekarang :)
.....

Alifa, kalau yang namanya Alifa ini anaknya cukup kalem, sukaknya pakek bros bunga di kerudungnya :) kalem tur pinter klo kata orang jawa. hehe, gak perlu banyak omong kalau suruh buat dia duduk di tempatnya waktu pelajaran mau dimulai. Yang paling diinget dari Alifa itu selalu ndeketin aku cuma buat bilang "olahraga bu, biar hilang lemaknya .."Kata-katanya cukup *JLEB* , tapi justru dari anak" yang jujur seperti itu, bisa jd motivasi tersendiri :)
Thank's Alifa, tetap jadi anak yang manis dan rajin yaa ;) mulai sekarang dan seterusnya Bu Tya coba buat olahraga deh, biar besok kalau ketemu udah gg dikatain lagi mirip doraemon. hehehe ..

Ardhi, Kalau anak yang ini bisa dibilang, unik banget :) namanya Ardhi, walaupun hobinya nangis. TAPI cukup pinter lho, dari kata-katanya juga cukup dewasa. Tiap kali ngerjain soal atau apapun, dia termasuk anak yang paling cepet ngerjainnya. Pengalaman yang berkesan sama Ardhi waktu itu, Ardhi entah gambar apa (serius lupa*), aku ngatain itu gambar cicak, ternyata bukan -__-" dan dia marah-marah. haha .. maaf ya, nak :P
Kemarin waktu perpisahan, Bu tya cukup terharu waktu Ardhi nangisnya paling keras :) Waktu pamitan pulang terakhir kali kemarin, Ardhi juga yang meluk bu Tya. hehe, makasih ya, nak. Dikurangi nangisnya, inget ya sekarang Ardhi bukan anak kelas 1 lagi :), Sudah kelas 2, jadi harus bisa tunjukkan sama adik-adik di kelas 1 dan TK kalau Ardhi itu sudah dewasa :)

Arka, Arkana :) Anak yang selalu banyak tanya, rasa ingin tahunya besar :) Kalau arka ini anaknya pinter, tapi kurang percaya diri kalau lagi ngerjain soal. hehe, kalau aku perhatiin, Arka ini termasuk anak yang di favoritin temen-temennya. Tiap anak cowok di kelas pasti pingin deket sama yang namanya arka :). Arka itu anak yang selain pinter di pelajaran, tapi juga bagus di sosialisasinya :). Cuma ramenya itu lho gak nahan. haha .. yang aku ingat dari Arka, waktu itu dia sempet stress sendiri karena temen-temennya yang super rame. waktu itu kalau gak salah aku nanya sama dia "km kenapa, ka" |"aku pusing bu, semuanya pada rame !" |"hehe, sekarang Arka taukan rasanya jadi bu Yulia dan bu Tya ? "iya bu" .Setelah kejadian itu, aku pikir semuanya bakal berubah ternyata besoknya, dia ikut rame lagi sama temen"nya. haha,
thank's ya Arka :) selalu jadi anak yang pinter, punya keinginan yang tinggi, dan tetep harus percaya diri sama kemampuan yang km punya ! :) dikurangi ramenya :) biar nilai sikapnya gg dapet C, kan sayang kalau semuanya udah bagus tp cuma nilai sikapnya aja yang kurang :)

Rora, kalau Rora, dikelas termasuk pendiem :) Anaknya kalem manis gitu :) ya kadang juga sukak ikutan ngobrol, cm gak sering :) Yang paling berkesan dari Rora itu, senyumnya itu lho bikin adem. Ngadepin masalah apapun sama temennya dikelas, dia tetep kalem dan yang pasti tetep senyum :)
makasih banyak ya Rora :) Harus tetep rajin belajar, jadi diri sendiri dan tetep senyum :)

Diah, kalau Diah ini, satu-satunya anak yang masih bikin penasaran. Sebenernya berapa sih jumlah saudara kandungnya. -__-" kalau ditanya pasti dia lama jawabnya, dan terakhir cm jawab "lupa" -__-". Diah, sebenernya pinter :) banyak ngobrol, banyak jalan, sukak ketawa sendiri :) haha. Yang paling berkesan dari Diah itu waktu Diah ketinggalan jemputan. Jadi waktu itu disekolah Diah ditinggal sama uminya, dan uminya gg sadar udah ninggalin Diah disekolah (saking banyak anaknya keknya ..). hari berikutnya, biar gak ketinggalan Uminya bawa salah satu mbak yang kerja dirumahnya buat jemput Diah juga, ehh* gak taunya gantian mbaknya yang ketinggalan -__-". 
Makasih Diah :) Udah sempet bikin video lucu-lucuan ya kita :"). Tambah rajin ya, nak. Dikurangin ngobrolnya. Diinget-inget nama kakak adikmu ya nak -__-", kalau perlu bikin catetan biar gak lupa. hehe, jadi kalau ditanya berapa jumlah sodaramu, km bisa jawab -_-"

Rio, kalau liat Rio itu anaknya "cool". Cukup bertanggung jawab. Banyak penggemar ceweknya keliatannya kalau dikelas. haha .. cukup pinter, dan gak banyak ngeluh :) 4 jempol buat RIO :)
Thanks Rio, selalu rajin ya nak :) ,makin mandiri dan dewasa :)

Nabila, Nabila itu anaknya rajin :) walaupun kadang kalau pakek kerudung, kerudungnya jadi kayak bando -__-", rambutnya keluar smua. Hobynya ngajak *toss*. Salah satu anak yang sering dijemput telat jadi sukak jd temen ngobrol kalau waktu lagi dikelas siang".
makasih ya Nabila :) Harus lebih rajin belajar lagi ya, nak.

Fahra, Fahra itu anaknya gak bisa diem. Sukak gerak gak jelas. Tapi Pinter :) selalu selesai kalau disuruh ngerjain tugas. Fahra itu hobynya ngajak salaman sama *toss*. Kalau makan siang, hobi banget ngurangin nasinya, lauknya, sayurnya, snacknya, nyampe gak ngerti deh yang dia makan itu akhirnya apa. haha
Thank's Fahra :) Hari terakhir kemarin Bu tya kaget lho ternyata Fahra ikutan nangis juga, dan yang bikin bu Tya agak sedih, terakhir ketemu kmrn Fahra malah ngambek. Tapi gapapa yang penting Fahra harus lebih banyak makan ya, nak :) harus lebih rajin belajar lagi, dikurangi juga gerakan-gerakan yang gak jelas itu yaa :)

Farras, anak yang kecil-kecil cabe rawit. Punya bulu mata lentik, sukak gelendotan ke sana kemari. Pinter anaknya, rajin, punya tanggung jawab. Jarang nangis, tapi sekalinya nangis luar biasa suaranya. haha .. Farras ini keliatan banget pingin jadi guru. Setiap lagi nilai soal-soal pasti dia ikut nimbrung, atau setiap lagi ngerjain apa di meja guru, dia selalu pingin ikutan bantu. Hal yang paling diinget dari Farras itu waktu dia nanya dengan polosnya F: Bu Tya, udah nikah ? | Me: belum | F: owhh, klo gitu berati udah lamaran ya ? | Me: belum | F: Berati Bu tya udah punya anak yaa ? | Me: Hrrr ..
makasih Farras :) udah sering jadi temen ngobrol jg kalau dikelas, udah sering bantu bu Tya ngabsenin murid-murid, udah sering bantu bagi kertas soal :) makin rajin ya nak :) jangan gampang nyerah ya :)

Firman, Anak yang suka tanya, suka protes dan suka cari celah biar dapet keringanan waktu ngerjain tugas. haha, sebenernya anaknya pinter cuma ya itu "ngobrol" truss :') Hal yang paling diinget dari Firman itu, paling susah kalau ngajarin dia yang namanya nali tali sepatu -__-"
makasih Firman :) harus makin pinter nali sepatunya ya, lebih rajin belajar, lebih dikurangin lagi ngeluhnya ya nak :)

Hanif, hehe, Hanif itu anaknya jujur, polos. Kalau udah pelajaran bahasa jawa sama matematika, semacam lambaikan tangan ke kamera keknya dia. haha
makasih ya, Hanif :) Hanif ini satu-satunya anak yang jujur bilang kalau gak suka diajar sama bu Tya :) tapi gapapa , bu Tya jadi tau ternyata gak semua anak bisa suka sama bu tya :) hehe, dari situ bu Tya banyak belajar dan harus intropeksi diri biar ke depannya bisa jadi guru yang lebih baik lagi.

Bella, Anaknya pinter, tapi ngobrolnya jg heboh :) tiap ada kejadian di kelas selalu laporan. hihih, tapi tetep berkesan kok :D
makasih ya Bella, harus tambah rajin ya nak, dikurangi ngobrolnya :) 

Kayla, Kayla itu anaknya manis, rajin , penurut dan lumayan pinter :) cuma kadang suka laporan kalau diganggu sama temennya. Kadang masalah itu bisa kita selesaikan sendiri lho nak, tanpa harus minta bantuan orang lain :) 
makasih ya Kayla, ayok kamu harus bisa jauh lebih dewasa lagi :) semangat kayla ;)

Khrisna, anak yang pendiem tapi diem-diem punya bakat terpendam keknya. haha .. pinter sih sbnrnya, cuma kadang ekspresinya susah ditebak, bisa tiba" diem, tiba" ketawa. Apalagi kalau pas waktunya makan siang, makanannya cuma diliatin aja, sambil dipotongin kecil-kecil lauknya. Yang paling diinget dari khrisna itu logat bicaranya waktu dia ditanya, dia selalu jawab "aku gak tau". Mau nanya alamat rumah, nama ibunya, sarapan apa, sukaknya maen apa, jawabannya tetep sama "aku gak tau". haha
makasih ya khrisna :) kenal khrisna bikin bu tya jadi lebih tau banyak karakter anak :) harus lebih rajin belajar lagi ya, kalau makan siang harus dimakan ! :) biar kita bisa lebih menghargai arti makanan ya, nak.

Nasha, Anaknya ramah, manis :) pinter juga :) Hal yang paling diinget dari nasha itu cara pakek kerudungnya, rambutnya diluar smua. hihihi. berkesan :)
makasih ya Nasha :) harus selalu rajin belajar ya, nak ;)

Ramli, Ramli itu anaknya moody , lumayan ngambekan :) tapi walaupun kek gitu, anaknya cukup rajin, pinter dan kalau ngerjain tugas di kelas, selalu diselesaikan :) jempol ya buat Ramli :)
makasih ya Ramli :) harus selalu semangat dan tambah rajin belajar :) jangan sukak ngambek yaa . hehe

Aksa, Aksa itu sebenernya pinter kok anaknya, cuma kalau dikelas sukak gak fokus aja :) terlalu banyak ribut dan ganggu temennya. cuma gak tau kenapa akhir-akhir ini Aksa iini cukup fokus kalau lagi ngerjain tugas. jempol buat Aksa :)
Thank's Aksa :) Lebih rajin belajar lagi ya, nak. Harus lebih merhatiin pelajaran dikelas, tetep semangat Aksa ! Dan satu lagi .. Jangan suka ganggu temennya lagi -__-". hehe

Wawa, Wawa ini kalau dikelas paling lama ngerjain tugasnya, mungkin karena banyak ngobrol sama temennya :) padahal sebenernya pinter lho :) Wawa itu dari kecil udah keliatan jiwa bisnisnya. hahaah, dari jualan penghapus nyampe yang lainnya :)
makasih ya Wawa, maaf ya kalau selama ini udah sering marahin wawa :) Harus lebih merhatiin pelajaran ya, selesaikan tugasnya harus tepat waktu :) semangat yaa ..

Salsa, kalau liat Salsa ini, dia termasuk anak yang paling sering digangguin sama anak cowok di sekitarnya. hihi, rajin, banyak tanya dan lumayan penurut :) anaknya manis, tapi kadang kalau waktu jam pelajaran sukak banget gak fokusnya :)
Thank's Salsa :) lebih rajin belajar ya, nak :) kalau dikelas dikurangi ngobrolnya :D

Lala, Lala anaknya kecil, tapi cukup dewasa :) sering senyum, ramah :) paling sukak sama logatnya lala, hihi .. enak buat di dengerin suaranya. Wawasannya cukup luas, rajin dan pinter :)
makasih ya, Lala :) oiya, jangan sering berantem ah sama Afifah, satu kelas itu satu keluarga, jadi harus saling bantu dan gg ada untungnya buat berantem :D .. tambah rajin, tambah semangat ya nak :)

Nura, Nura itu anak perempuan yang super aktif, Aktif tapi pinter lah. hahaha, kalau liat Nura itu berasa kayak liat Hape yang Full baterainya -__-", yang cape justru yang liat. haha.
Makasih Nura,  Lebih tertib lagi ya nak klo dikelas :) tambah rajin belajar dan tetep semangat !

Raisa, Raisa ini anaknya suka cerita. Apalagi awal-awal dulu hobi banget cerita soal adiknya yang baru lahir :), anaknya rajin. Paling deket sama Farras, mungkin karena badannya sama-sama kecil jd ngrasa cocok satu sama lain. haha
Thank's Raisa :) harus lebih rajin belajar lagi ya, nak ! tetep semangat .. hehe

Rayhan, kalau inget Rayhan itu, inget yang namanya Ultraman, dulu sebelum sempet ketemu Ray di Al Azhar, udah sempet kenal di lembaga pendidikan sebelumnya. Kebetulan Ray salah satu murid disitu juga :) Dulu kalau mau ngajak ngomong Ray, harus tau dulu soal "Ultraman". Kalau enggak jangan harap bisa nyambung kalau ngomong. hehe. Lihat perkembangan Ray yang udah lebih bisa berkomunikasi, lebih mau ngerjain soal kalau dikelas, mulai bisa bersosialisasi sama teman-temenya, cukup bikin lega :) sebenernya pinter kok, cuma emg harus lebih rajin belajar lagi.
makasi ya Ray, ketemu sama Ray bikin Bu tya tau kalau gak ada usaha yang sia-sia :) tetep belajar ya, nak :) harus lebih fokus merhatiin pelajaran ya :)

Raysan, anak yang kalau dikelas gak banyak ngeluarin suara. Kerjaannya cuma cengar cengir aja. haha, tp selalu selesai ngerjain tugasnya :) jempol*
makasih ya Raysan :) harus lebih rajin lagi yaa ..

Afifah, klo udah ngobrol sama yang namanya Afifah, keliatan banget kalau wawasannya luas. Hoby bikin cerita :) hebat lah untuk anak seusianya :) cuma kadang karena keasikan jadi susah disuruh duduk di tempatnya. hihi, anaknya cukup pinter dan rajin, tp ya kadang sukak asik sama dunianya sendiri :)
thank's Afifah :) semoga makin bagus nulisnya, bisa jadi penulis yang sukses ke depannya :) tapi inget ya nak, saat kamu di kelas harus tetep  fokus sama pelajaran :) nanti ada waktunya km bisa ngerjain hobimu itu kok :) semangat yaa !

Revandi, Revandi itu anak yang selalu bikin ngakak. Yang tadinya udah mau marah, kalau liat muka melasnya pasti marahnya langsung ilang. Hobinya motong poninya sendiri sama gulung" dilantai kalau lagi males ngerjain tugas. Anaknya pinter, cuma sukak ngeluh kalau disuruh ngerjain banyak tugas. Selain hoby motong poni sendiri, dia juga hoby nanya pertanyaan-pertanyaan yang diluar nalar -_-". Justru disitulah yang paling berkesan :) sukak ketawa gak jelas, nangis juga gak jelas :') tapi justru itu hal yang paling ngangenin :)
makasih banyak ya, Revandi :) Di kelas udah bikin bu Tya banyak ketawa. Oiya nak, belajar baca jam yang bener ya -__-" biar bisa tau dijemput jam berapa. Dikurangi nangisnya, ditumbuhin yang bener poninya. Jangan dipotongin truss :(  

Rizky, Rizky :) anaknya pinter tapi sukak ngobrol, suaranya unik kayak "suneo". Poninya juga kayak helm di crop gitu. haha, tp lucu :) terakhir kemarin Rizky nangisnya heboh :') padahal di kesehariannya Rizky ini anak yang sering kena tegur, sering dimarahi :) aahh speechless* 
makasih ya Rizky :) Bu tya, hari terakhir kemarin bener-bener gak nyangka ternyata Rizky bisa nangis nyampe segitunya. ayok nak, dikurangi ya ngobrolnya, harus lebih rajin belajar lagi.

Ayra, awal liat Ayra, anaknya manis :) kalem kalau lagi gak sama Nura. haha .. Pinter juga :) jarang nanya klo dikelas :)
makasih ya Ayra :) dikurangi ngobrolnya dan tetep harus rajin belajar ya, nak :)

Sarah, pertama kali liat Sarah dikelas, anaknya manis, kalem. Kalau diperhatiin sih, Sarah ini jarang banget ngurangin porsi makannya waktu makan siang :) jempol deh* sama anak yang selalu menghargai makanan :)
makasih ya sarah, harus lebih rajin belajar lagi yaa :)  

.....

Itulah beberapa karakter di kelas 2 Ibnu rusyd, cukup banyak warna dan banyak kesan disana :) walaupun cuma sempet 2 bulan kenal sama mereka, tapi kesannya luar biasa super :)
Baru beberapa hari gak ketemu aja, semacam ada yang hilang -_-"
Padahal dulu waktu ngajar disana, sukak gemes sendiri sama kelakuan anak-anak yang rame, heboh dan gg ndengerin pelajaran. Tapi ternyata justru itu yang paling ngangenin :)
Ditambah lagi dapat seorang partner guru yang sangat membantu dan cukup banyak membimbing :)
Dapet partner yang cukup sabar itu jarang lho, haha .. 
Disana cukup banyak belajar banyak dari sosok bu Yulia :)
Dari cara ngajar, sampai proses pembiasaan anak-anak dikelas. 
Misalnya aja waktu makan siang :) awal masuk ke sana cukup heran kenapa anak-anak diperbolehkan untuk mengurangi porsi makan mereka. Padahal kalau sekolah lain, kebanyakan guru menuntut agar anak tetap menghabiskan jatah porsi makanan yang sudah diberikan kepada mereka. Tapi lama kelamaan, baru tau maksudnya :) ternyata pembiasaan itu untuk melatih rasa tanggung jawab mereka. Saat mereka sudah diperbolehkan untuk mengurangi porsi makan mereka, mereka harus bertanggungjawab untuk menghabiskan makanan mereka saat itu.
Ternyata jadi guru itu cukup dilema juga ya :) Biasanya agar membuat anak nyaman dan cukup menyukai kita, kita memperlakukan mereka sebaik mungkin, bahkan kadang kurang tegas. Tapi justru dengan hal tersebut membuat anak-anak memiliki perkembangan yang kurang baik. TAPI saat kita mempunyai metode mengajar yang tegas, malah justru membuat anak merasa kurang nyaman dan tidak ada respect ke gurunya.
Disinilah saya belajar banyak dari ibu Yulia :) Bu yulia memiliki 2 sisi diatas :) TEGAS tapi sangat bersahabat dengan murid-muridnya :) Ada saatnya Beliau tegas tanpa takut murid-muridnya menjauh dari beliau, tapi dilain waktu terlihat sekali beliau sangat bersahabat. Sehingga selain tujuan pembiasaan dikelas bisa tercapai, bu Yulia juga bisa membuat nyaman murid-murid saat dikelas :)
Terima kasih bu, saya belajar banyak dari ibu :)

......
Satu hal lagi yang saya pelajari disana, terutama dari sosok pemimpin yang sangat bersahabat dan ramah. Saya belajar banyak dari sosok Bu iyut kepala sekolah yang menurut saya sangat ramah, dan banyak senyum :)

"Tertawa atau tidak tertawa masalah itu tetap ada. Dan beliau mengajarkan saya untuk tetap memilih tertawa." :)

.....
Terima kasih SD Islam Al Azhar 31 Yk, Terima kasih Kelas 2 Ibnu Rusyd, Terima kasih Bu Yulia :)
Terima kasih banyak :)

guru-guru yang cukup bersahabat dan sangat membantu :)

with mrs. Yulia :)

My best partner :)

bersama para senior yang bersahabat :)

with Nabila :)

Revandi :)

kebayangkan gimana hebohnya kelas ?

kelas 2 rusyd :)

Rizky, di moment terakhir paling heboh nangisnya :')

part 1

part 2

part 3

part 4


Tidak ada komentar:

Posting Komentar