Kamis, 01 November 2012

SUKSES tanpa usaha itu "IMPOSSIBLE" :)


Selamat pagi :)
heyhoooo, tentunya setiap pagi . setiap hari . setiap jam . bahkan setiap detik yang akan datang kita menginginkan untuk hidup yang jauh lebih baikkan ? :)
Tapi gimana kalau kita menginginkan sesuatu yang tinggi, tapi sama sekali gak ada usaha ?
selalu pasang target tapi sama sekali gak "bergerak" ..
Tiap hari cuma berdoa, cuma niat tapi gak ngelakuin apa-apa ..
Berdoa itu emang penting, niat juga penting, cuma kalau kitanya gak bergerak dan selalu bergantung sama orang lain apa bakalan ada hasilnya ? 
istilahnya kalau mau bikin kue yang enak, kita harus lengkap kan bahannya ? seperti halnya sukses, tanpa doa, niat, semangat dan usaha, hasilnya gak akan maksimal :)
hehe, tulisan ini sama sekali gak nyindir orang lain kok :) ini cuma sebatas bahan instropeksi buat saya aja :)
sayapun menyadari kalau kadang selalu "niat" tapi sama sekali gak bergerak, selalu "berdoa" tapi gak ada usaha :( ..
...
saya mau sedikit sharing soal pengalaman saya yang mau "sukses" tapi sama sekali gak ada usaha yang "berarti" ..
Beberapa saat yang lalu saya mengikuti Ujian PNS :) kalian tau saingannya berapa banyak ? RATUSAN bahkan RIBUAN :|
seharusnya orang yang benar-benar "NIAT" untuk dapat lolos ujian itu bakalan usaha maksimal kan ? sayangnya saya enggak, dan itu yang buat saya nyesel nyampe sekarang ..
Tau apa yang saya kerjakan ? cuma berdoa, semangat tinggi, tapi buat belajar cuma 20% aja ..
Bukak buku klo inget, tapi ngarepnya selangit .. 
Well, one thing I learned yesterday "It is never easy and will never succeed if we don't fight" :)
...
Saya sering melihat banyak orang yang ingin merasakan sukses dalam waktu yang "instan" (Saya sendiripun juga maunya gitu . hehe ..),
Tau enggak kenapa kita berpikiran seperti itu ? Mungkin karena kita ngeliat banyak orang yang sukses dengan mudahnya. hmm, YAKIN MEREKA SUKSES DENGAN MUDAH ? sesuatu yang terlihat belum tentu seperti halnya yang terjadi sesungguhnya lho ..
...
contoh kecil aja "skripsi" . :)
Saat kita melihat ada seseorang yang LULUS dengan mudahnya :) kita pasti berpikiran "halah, itukan karena dosennya aja yang enak, itukan karena skripsinya gampang dibanding akku .. blablablabla"
heyyy buat kamu yang berpikiran seperti itu, saya cuma bisa bilang "sempit banget ya pikiranmu ..". Hal-hal semacam itu cuma membuktikkan kalau kita seorang pengecut, seseorang yang menyalahkan orang lain karena ketidakberhasilan sesuatu yang kita lakukan. Kalau kamu tau, setiap dosen bahkan punya perlakuan yang berbeda ke mahasiswanya, kamu tau apa yang buat patokan para dosen membedakan perlakuan itu ? JAWABANNYA CUMA USAHA ! :) mereka juga tau lah, mana mahasiswa yang bener-bener ngerjain dan mana mahasiswa yang sama sekali gak niat :) 
Jadi buat kalian yang berpikiran seperti itu, mendingan usaha DEH daripada cuma iri sama keberhasilan orang lain itu :)
daripada membla - memble kemana-mana mendingan dipakek deh buat ngerjain dan usaha , iya gak ?
...
Kalau kita sudah tahu bahwa gak mudah untuk menjadi sukses, jangan pernah nyerah dan tetep terus usaha. Karena pada kenyataanya untuk menjadi sukses pasti bakalan banyak hambatan dan tantangannya. Kalau kita sendiri gak usaha dan gampang nyerah waktu ngejalaninnya.
Percaya deh .. nantinya bakal kita sendiri yang ngerasain nyesel :)

Okee, kita bahas satu-satu ya :)

USAHA 
 Ini pengalaman saya Skripsi yang lalu, dimana saya cari bahan teori sampai harus keliling jogja, bahkan menemui beberapa dosen yang berbeda untuk dapat menyempurnakan teori yang ada di dalam skripsi saya. Saya seringkali menyerah tapi karena motivasi saya adalah orangtua saya, saya tetap teruus berjuang. Kalian tau, sebenarnya kalau mau LULUS cepet bisa aja kan kita pakek jasa pembuat skripsi di luar sana ? banyak orang di luar sana yang dapat LULUS dengan mudah tanpa usaha yang berat, lalu kenapa saya sendiri tidak mau menggunakan jasa mereka? Kan lebih mudah yaa ? ...
Kalian tau kenapa saya gak mau seperti itu ? Rasanya akan sangat berbeda sekali kalau saya menggunakan jasa pihak ketiga. KEPUASAN ! yaa kepuasannya akan sangat berbeda :) saat kamu dapat menyelesaikannya sendiri maka akan ada rasa puas yang sangat besar di dalam diri kamu, rasa bangga, dan rasa syukur yang amat sangat :)
okee, itu cuma intermezzo aja :) 

APA SIH RESEP YANG PAS UNTUK SUKSES ?

Yang pertama adalah "DOA"
Kalau kita sudah usaha dan terus usaha, Tapi belum ada hasilnya, berdoa lah :)Sering kali kita ngelupain TUHAN dalam setiap usaha yang kita lakukan, Padahal kamu tau ? Dia adalah MAHA SEGALANYA :) MAHA yang mengabulkan semua yang kita inginkan dalam hidup ini.  Kita bisa berusaha sekuat tenaga, tapi jika Dia merasa belum saatnya untuk kita merasakan kesuksesan itu, ya kita hanya akan dapat menunggu .. tapi tetep pakek usaha lho :)

Yang kedua adalah "LAKUKAN"
Kalau kita sudah tahu usaha apa saja yang perlu dan harus dilakukan, dan informasi mengenai semuanya sudah kita pegang, segeralah lakukan. Tahap demi tahap. Perlahan tapi pasti :) lambat asal selamat . Kesabaran itu penting lho. Saya tahu jaman sekarang yang namanya "sabar" itu susah, apalagi kalau kita pada dasarnya sudah sering disuapi dengan yang serba instant. Kebiasaan mendapatkan yang instant seringkali membuat diri kita tak sabar menunggu lebih lama, apalagi kalau melihat orang yang seumuran dengan kita udah sukses. tapi kita nggak tahu kan giimana dia memulai prosesnya dulu ? gimana dia berusaha mati-matian agar mencapai yang didapatkannya sekarang ? yaa, walaupun pasti ada faktor "keberuntungan" bermain di dalamnya :) tapi  saya tahu ALLAH itu adil kok :) Usaha umatNya pasti akan selalu dihargai :)

Yang ketiga adalah "SEMANGAT"
Doa dan usaha tanpa semangat, hambar rasanya :) kalau kita usaha tapi gak semangat, hasil yang dicapai juga gak akan maksimal :)



Okee , sekarang udah taukan ? bahwa yang namanya SUKSES tanpa usaha itu "IMPOSSIBLE" :)
Ayok sekarang kita isi full semangat kita, Usaha yang keras, dan tetap ingat yang  meng "ACC" smuanya tetap TUHAN :) So, Don't forget to pray :)
smoga blog kali ini bermanfaat buat yang baca yaa :)
have  a nice day all :)

2 komentar: